Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Mengenai Definisi Saham

Definisi saham yaitu? Apa yang dimaksud saham? Saham itu bagaimana, dan untuk apa? Bingung? Lanjutkan membaca pada artikel berikut! Yuuk!!!

Memang tidak banyak orang tahu tentang saham. Apalagi bagi orang awam yang jarang megang “saham”.  Berikut akan dijelaskan menurut bahasa maupun istilah mengenai definisi saham. Cocok buat anda yang mulai belajar banyak tentang saham.

Secara bahasa, yakni menurut kamus bahasa Indonesia, saham berarti kata benda yang memiliki makna andil, bagian, sero dalam permodalan, sumbangan pikiran atau tenaga. Sementara secara istilah, saham  adalah satuan nilai untuk permodalan dalam wujud surat berharga. Yang memberi keterangan, bahwa pemiliki kertas tersebut adalah pemilik. Intinya sebagai tanda kepemilikan seseorang atau badan, atas harta atau barang tersebut.

Sedangkan menurut para ahli, saham adalah sertifikat kepemilikan atas perusahaan. Harga saham adalah harga yang ditentukan secara lelang  kontinu. Atau harga pasar saham terbentuk melalui  mekanisme permintaan dan penawaran di pasar modal.

Jadi, saham memang untuk diperjualbelikan, khususnya di dalam pasar modal. Yakni pasar khusus jual beli modal. Yang biasanya berupa acara lelang. Semakin besar saham yang ditanamkan, maka akan semakin banyak, hak kepemilikan yang dimiliki seseorang atau badan tersebut di perusahaan.

Sedikit ataupun berapapun kecilnya saham yang anda miliki atas perusahaan tersebut, anda tetap berstatus pemilik perusahaan. Ini sangat bisa anda lakukan, jika ada perusahaan yang membutuhkan penggalangan dana.

Nah, hak kepemilikan yang dimaksud saham di sini, tidak hanya berupa harta yang tertanam pada perusahaan tersebut. Tetapi juga hak kepemilikan untuk dapat memberikan andil “suara” dalam Rapat Umum Pemegang Saham. Yakni menentukan kebijakan yang diambil untuk perusahaan.

Misalnya nih, dalam Rapat Umum Pemegang Saham, ada pemilik saham sebanyak sepuluh orang. Masing-masing orang tersebut memiliki hak untuk menyuarkan ide dan gagasannya di sana. Apa yang akan ditentukan setelahnya, dan mau dibawa kemana tuh perusahaan.

Tapi hati-hati perlu dilakukan, mengingat saham adalah bagian yang diperjualbelikan. Dimana harga di pasar modal bisa naik turun sewaktu-waktu, tergantung pasar global. Naik turunnya harga di pasar global ini sangat dipengaruhi oleh perekonomian global. Yakni ketika permintaan berkurang.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Definisi Saham"